Analisis IT Service Management (ITSM) Layanan GoFood Menggunakan Framework ITIL V3
Abstract
Peran dan penggunaan teknologi saat ini sangat luas dan dapat diterapkan di seluruh bidang kehidupan. Teknologi telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia dan mempengaruhi cara kita berinteraksi, bekerja, dan berbisnis. Teknologi informasi memungkinkan untuk mengelola bisnis secara digital, seperti layanan GoFood yang ditawarkan oleh Gojek. Layanan ini memungkinkan konsumen memesan makanan secara online dan membantu pemilik bisnis memperluas jangkauan pasar sehingga meningkatkan penjualan mereka. Pada penelitian ini akan menggunakan framework ITIL V3 dengan menggunakan domain service operation. Setelah melakukan penelitian, didapat bahwa pada layanan GoFood untuk variable event management memiliki nilai rata-rata sebesar 4.41, berarti tingkat kematangan cukup tinggi yang termasuk pada maturity level 4. Selanjutnya variabel incident management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.73 yang termasuk ke dalam maturity level 4, untuk variabel problem management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.67 juga termasuk ke dalam maturity level 4, untuk variabel request fulfillment mendapatkan nilai rata-rata maturity level sebesar 4.84 dan termasuk ke dalam maturity level 4, untuk variabel access management mendapatkan nilai rata-rata maturity level sebesar 4.76 yang termasuk ke dalam maturity level 4. Maturity level 4 adalah managed yang berarti proses-proses pada layanan yang diberikan telah direncanakan dan telah dilaksanakan dengan baik dan ter dokumentasi.
References
[2] Fahruddin Salim, “Pengaruh Information Technology Service Management(ITSM) terhadap Kinerja Industri Perbankan,” 2017.
[3] M. Rizki and S. O. Kunang, “ANALISIS IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM) LAYANAN SISFO UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3,” Bina Darma Conference on Computer Science.
[4] D. Mahdalena and W. Cholil, “PENILAIAN IT SERVICE MANAGEMENT PADA INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI PT. TELKOM KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN ITIL V3,” Gema Teknologi, vol. 21, no. 1, pp. 34–41, Oct. 2020, doi: 10.14710/gt.v21i1.33082.
[5] A. Febtriko and I. Puspitasari, “MENGUKUR KREATIFITAS DAN KUALITAS PEMOGRAMAN PADA SISWA SMK KOTA PEKANBARU JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DENGAN SIMULASI ROBOT,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 3, no. 1, pp. 1–9, Jan. 2018, doi: 10.36341/rabit.v3i1.419.
[6] R. Dwi Handayani and R. Abdul Aziz, “Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil V3) : Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Perguruan Tinggi,” vol. 11.
[7] H. Puspasari, W. Puspita, A. Farmasi Yarsi Pontianak, and K. Barat, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 Validity Test and Reliability Instrument Research Level Knowledge and Attitude of Students Towards Elections Health Supplements in Facing Covid-19,” Online. [Online]. Available: http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK
[8] D. Asdiany, I. Palopo, and S. ParePare, “Analisis Tingkat Kematangan (Maturity Level) Tata Kelola Teknologi Sistem Informasi Akademik Menggunakan Cobit 4.1 pada STAIN ParePare,” vol. 6, no. 2, pp. 96–111, 2018.