Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kota Lubuklinggau Berbasis Website
Abstract
Pengaduan masyarakat adalah suatu bentuk pelayanan publik yang memperhatikan dan memperbaiki segala macam aduan masyarakat yang bertujuan memperbaiki kinerja atau kekurangan dari kegiatan suatu instansi pemerintah, tentunya hal ini sangat diperhatikan oleh pemerintah kota lubuklinggau yang pada saat ini segala bentuk pengaduan oleh masyarakat mengharuskan masyarakat datang ke tempat instansi dan melapor tentang aduannya tersebut, ini menjadi hambatan bagi masyarakat mengingat jarak dan waktu tempuh ke instansi terkait yang jauh ditambah lagi ketidakjelasan proses pengaduan apabila aduan telah diproses dan tidak terdigitalisasinya data aduan masyarakat selama ini, Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi pengaduan masyarakat kota lubuklinggau secara online yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan juga instansi terkait untuk masukan dan perbaikan kedepannya agar menjadi lebih baik.
References
Firmansyah, C., & Tohir, C. (2018). Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Lingkup Desa Gunungtanjung Berbasis Web dan SMS Gateway dengan Metode Antrian FIFO. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 201-210.
Mutaqin, R., Yusrotun, A., & Sya’roni, W. (2021). Sistem Infomasi Pengaduan Masyarakat Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1960-1972.
Rohmatun, S., Widihastuti, I., & Khosyi’in, M. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kabupaten Jepara Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI), 111-123.
Firmansya, C., & Tohir, C. S. (2021). Sistem layanan pengaduan masyarakat lingkup desa gunungtanjung berbasis web dan sms gateway dengan metode antrian fifo 1, 1(1), 201–210.
Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi.
Mutaqin, R., Yusrotun, A., & Sya’roni, W. (2021). Sistem Infomasi Pengaduan Masyarakat Desa Berbasis Android, 14(3), 461–465.
Prasetiono, S. J., Kurniawan, M. F., & Irawan, J. N. (2019). PECALUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE BERBASIS ANDROID.
Ridwan, A., Asri, & Hamrul, H. (2017). Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Pada Kantor Harian Palopo Gambar 1 . Use Case Diagram, 161–172.
Sitompul, S. C., Simamora, R. J., & Angin, R. P. (2019). APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS MOBILE WEB DI, 3(2), 136–142.
Suaidah, & Lathifah. (2021). Analisis Penerimaan Aplikasi Web Engineering Pelayanan Pengaduan Masyarakat Menggunakan Technology Acceptance Model. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 299–311. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.600