Multimedia Interaktif Pembelajaran Struktur Bumi Untuk Siswa Kelas V SD

  • oka cipta ITB STIKOM BALI

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) mengenai struktur lapisan bumi sering kali menjadi tantangan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar karena sifatnya yang abstrak. Kurangnya media pembelajaran interaktif menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi ini kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun multimedia interaktif pembelajaran IPAS tentang struktur lapisan bumi untuk siswa kelas V SD Negeri 6 Ubung. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Aplikasi ini menyajikan materi dalam bentuk animasi, ilustrasi, teks, audio, dan video interaktif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Hasil pengujian menggunakan Black Box Testing menunjukkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Selain itu, pengujian System Usability Scale (SUS) memperoleh skor 82, yang berarti aplikasi ini masuk dalam kategori "Excellent" dan diterima dengan baik oleh pengguna. Dengan demikian, multimedia interaktif ini dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Kata kunci: Multimedia interaktif, IPAS, Struktur lapisan bumi, MDLC, Adobe Animate.

References

Daftar Rujukan
[1] D. Rahmat, T. Yang, and M. Esa, “Menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia,” 2024.
[2] I. B. K. Trinawindu, A. K. Dewi, and E. T. Narulita, “Multimedia Interaktif untuk Proses Pembelajaran,” 2021.
[3] M. Nuraini, S. Susilaningsih, and A. Wedi, “Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Sekolah Dasar,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 33–40, 2021, doi: 10.17977/um038v4i12021p033.
[4] M. Fauzan Febriansyah and Y. Sumaryana, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Informatics Digit. Expert, vol. 3, no. 2, pp. 61–68, 2021, doi: 10.36423/index.v3i2.838.
[5] Z. N. Aini, A. B. Kusdinar, and W. Apriandari, “Model Media Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 3, p. 515, 2021, doi: 10.35889/jutisi.v10i3.718.
[6] N. N. Afiyah, A. T. Sasongko, and S. B. Rahardjo, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri Pasirsari 01,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 200–206, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i1.1134.
[7] A. D. Porajow, V. Tulenan, and S. D. E. Paturusi, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar,” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 4, pp. 315–324, 2020.
[8] K. S. Mustaghfaroh, F. N. Putra, and R. S. Ajeng Ananingtyas, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 100–109, 2021, doi: 10.47134/jacis.v1i2.22.
[9] A. Maritsa, U. Hanifah Salsabila, M. Wafiq, P. Rahma Anindya, and M. Azhar Ma’shum, “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 18, no. 2, pp. 91–100, 2021, doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
[10] A. Nafsiah, R. Winarni, and J. Daryanto, “Pengembangan media pembelajaran membaca aksara Jawa berbasis video edutainment pada peserta didik kelas V sekolah dasar,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.20961/jpiuns.v8i1.60405.
[11] A. D. Oktavia and A. R. Jupri, “Penggunaan Media Film Animasi Kartun Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Tentang Keterampilan Menyimak Siswa,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 3, pp. 846–852, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i3.2664.
[12] P. T. Mesin and U. N. Makassar, “Pelatihan Media Presentasi Berbasis Online Focusky,” vol. 1, no. 1, pp. 28–40, 2024.
Published
2025-10-01